Monday, June 9, 2014

Ngapain ke Luar Negeri Kalo Kita Punya yang Lebih Bagus..? :iloveindonesia

Ya. Sesuai judul, gue emang cinta Indonesia. Silahkan kalian mau bilang Indonesia itu jelek dan sebagainya, bagi gue, Indonesia itu indah. Yang bilang Indonesia itu jelek, itu kayak kodok dalem tempurung. Frontal, tapi emang gitu. Negara korup, penuh kolusi serta nepotisme. Ya, memang tepat disandingkan di negara ini. Tapi tetep, gak mengurangi rasa cinta dan bangga gue ke Indonesia.

Yang mendasari rasa cinta gue, dari sekian banyak faktor, adalah destinasi wisata yang beragam. Pernyataan gue keluar karena banyaknya temen gue yang jalan-jalan ke negeri seberang (Cth: Malaysia dan Singapura). Ngapain jalan-jalan cuman liat gedung-gedung tinggi terus belanja segala macem nambah-nambahin devisa negara lain..? Lagian, katanya gak mau kesenian kita diklaim tuh Malay, tapi kok tetap ke situ..?


Buat yang tersinggung, silahkan. Bukan berarti gue gak punya duit atau iri dsb. Tapi, gue sampe sekarang belom ada niatan mau ke situ. Di Jakarta banyak gedung-gedung tinggi, banyak tempat belanja. Buat yang udah, ya mau gimana lagi..? Udah telanjur ke situ, kan..?

Dari segi destinasi wisata, gue nyoba jabarin beberapa destinasi wisata Indonesia yang bener-bener ajib (versi gue):

1. Sabang, Pulau Weh, D.I. Aceh
Tau kan penggalan lagu berikut: "Dari Sabang sampai Merauke, berjajar pulau-pulau."? Sabang merupakan daerah paling barat Indonesia. 0 Km Indonesia ada di sini. Selain itu, pemandangan di sini bagus-bagus. Buat yg hobi wisata alam, terutama pecinta laut atau pantai, bisa ke sini deh kayaknya. Kalo gue sih cuman ngincer Tugu 0 Km nya, soalnya udah dari situ, bakal dapet sertifikat. :P
Tugu 0 Km Indonesia

Keren, kan..?

2. Krakatau dan Sekitarnya, Selat Sunda
Merupakan salah satu gunung api yang terkenal dengan letusan dahsyatnya, yang terukir dalam sejarah manusia. Banyak orang takut ke sana, tapi, menurut gue, Krakatau memiliki daya tarik tersendiri.
Gak jauh dari situ, ada banyak gugusan kepulauan. Salah satunya yang paling sering dikunjungi adalah pulau Sebesi dan Pulau Umang.

3. Nusa Tenggara Timur
Pergi jauh ke Indonesia bagian tengah, tepatnya di provinsi Nusa Tenggara Timur, ada lebih banyak wisata alam yang bisa dinikmati. Bagi penikmat pantai, dan juga penikmat fauna, ada Pulau Komodo. Pantai di situ cocok buat snorkeling. Bening puol. Plus, salahs atu yang menarik, di sini pasirnya berwarna PINK.
Terus, ada lagi yang namanya Sumba Lagoon, atau kalo bahasa kita, Laguna Sumba. Speechless deh.

Daaaan, rasanya gak lengkap kalo ke NTT, tapi belom ke sini. Ikon Nusa Tenggara Timur, memiliki nama yang sama dengan nama gunung  di dekatnya, Danau Kelimutu. Danau ini memiliki tiga warna. Menurut legenda sekitar, danau tersebut merupakan tempat di mana arwah-arwah nenek moyang berkumpul. Percaya atau tidak, kembali ke pribadi masing-masing. Tapi buat gue, ini salah satu destinasi wisata gue. Entah ketika gue sudah kerja dengan keluarga sendiri, atau dengan rombongan Laponta.

4. Pontianak
Kembali ke Indonesia bagian barat, kita ke Kalimantan. Tepatnya di Pontianak, Kalimantan Barat. Apa yang spesial di sini..?

Pontianak, salah satu kota yang dilalui oleh garis lintang 0o (garis khatulistiwa). Dengan dilaluinya garis tersebut, dibangunlah sebuah tugu, yakni Tugu Khatulistiwa.

5. Danau Poso, dan Bunaken
Sulawesi. Pulau unik di Indonesia, berbentuk huruf K. Sering di televisi, ditampilkan tentang hal hal negatif dari pulau ini. Namun, siapa yang tahu kalau pulau ini juga menyimpan banyak potensi wisata alam. Dua diantaranya adalah Danau Poso dan Taman Laut Bunaken.

Danau terbesar ketiga di Indonesia, dengan luas 323,2 km2 ini juga bagus lho. Merupakan habitat ikan sogili, ikan berbentuk belut, yang sekarang hampir punah karena perubahan ekosistem.. Danau Poso.
Kalo ke sini, bakal lupa kalau kalian ada di danau. Gede banget, kayak laut.
Ikan sogili

Gak jauh dari Danau Poso, ada air terjun namanya air terjun yang namanya air terjun Saluopa. Liat aja sendiri deh gambarnya. Nih.

Lanjut ke Bunaken. Merupakan salah satu surga penyelam. Di sini view bawah airnya super. Snorkeling, scuba diving, diving, silahkan. Gak akan nyesel. Gue jamin.
Keren kan..? Ini punya Indonesia. Oh iya, kalo beruntung, (katanya) kalian bisa ketemu lumba-lumba, lho.

6. Maluku dan Maluku Utara
Selain keindahan pantai khas Indonesia Timur, Maluku Utara dan Maluku juga memiliki banyak tempat wisata sejarah. Benteng. Di Maluku Utara, ada Benteng Tolukko yang teletak di timur Pulau Ternate. Benteng ini dibangun pada jaman penjajahan Portugis.

Kemudian di Maluku, juga banyak benteng. Sebut saja Benteng Amsterdam, Benteng Belgica, Benteng Victoria, dan sebagainya.
Benteng Belgica
Benteng Duurstede

7. Papua
Negeri paling timur Indonesia. Pusat pertambangan Indonesia yang sayangnya dikelola pihak asing. Provinsi penghasil emas hitam ini kaya akan potensi wisata alam. Tak diragukan, Kepulauan Raja Ampat, yang menjadi surga penyelam di seluruh dunia. Gue sendiri mau ke situ. Pemandangan atas dan bawah lautnya keren.

Cottage Raja Ampat
Speechless
Untuk bawah lautnya, gak tau mau pilhi yang mana.
Gak tau ini blog siapa, tapi ini yang bisa menggambarkan keseluruhan. Nih klik di sini.

Selain Raja Ampat, Papua juga ada banyak keistimewaan. Salah satunya ada di Teluk Cenderawasih. Teluk di bagian "leher" pulau kepala burung ini gak kalah indah. Banyak menjadi incaran para peselam dunia. Mau tau kenapa..? Karena di sini kalian bisa ketemu ini:
HIU PAUS..!
Banyak penyelam ke sini, karena mau berenang dengan ikan terbesar ini. Sang raksasa sudah di sini selama berabad-abad. Dan tak menutup kemungkinan, kita juga bisa ketemu jenis hiu lainnya karena memang merupakan habitat asli mereka. Dan habitat mereka tidak tersentuh tangan-tangan jail.

Dan sedikit informasi, Indonesia bagian timur ini juga termasuk habitat sang raksasa lainnya, paus. Mamalia dan hewan terbesar yang masih hidup ini sering  ke sini untuk bermigrasi tahunan. Namun sayang, beberapa adat di Indonesia memiliki kebiasaan membunuh paus untuk upacara tertentu.

Oke, kembali ke papua. Tak hanya berbentuk burung, pulau ini juga memiliki burung khas. Dijuluki the birds of paradise, atau burung dari surga. Nama latin burung ini pun seperti menunjukkan kalau burung ini memang dari surga, Paradisaeidae. Burung tersebut adalah burung cendrawasih.
Gak heran kenapa burung ini dijuluki burung dari surga. Selain itu, satwa di sini juga termasuk unik karena merupakan satwa bertipe austrialis. Didominasi oleh hewan berkantung dan pengerat.

Akhir perjalanan, tibalah di ujung timur Indonesia, Merauke. Kota paling timur Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke. Ada tugu Sabang-Merauke. Namun, konidisinya seperti tidak terawat.

Ya, itulah beberapa tempat wisata yangkhas Indonesia. Mungkin banyak yang tanya, ke mana Borobudur, Prambanan, Bali, dan sebagainya. Well, sudah banyak yang membahas mereka. Gue di sini mau nunjukin kalo kita masih punya banyak tempat wisata yang bisa bikin berdecak kagum. Membuat kita introspeksi diri, betapa kecilnya kita. Membuat kita sadar, masih ada yang indah di negeri kita, meski kita digempur berita negatif dari negeri sendiri. Kenapa pergi ke luar negeri..? Kenapa menghabiskan devisa kita untuk belanja barang-barang di luar negeri..? Kita punya Indonesia.

GUE CINTA INDONESIA. Kalian..?


"Negeri kita kaya, kaya, kaya-raya, Saudara-saudara. Berjiwa besarlah. Gali! Bekerja! Gali! Bekerja! Kita adalah satu tanah air yang paling cantik di dunia." (Soekarno, Semarang, 29 Juli 1956)

No comments:

Post a Comment

This House Is Not For Sale Review: II. Track by Track (Reg)

Jakarta, 18 Mei 2017 Jarak antara Part satu  dan Part dua lumayan jauh. Yaaaaa.... gimana lagi. Sibuk sih. Pergi pagi pulang malam te...