Tuesday, September 15, 2015

Bon Jovi Live in Jakarta: A Brief Report

DAYS TO REMEMBER

Palembang, 14 September 2015

Masih terngiang suasana malam itu, gegap gempita empat puluh ribu lebih manusia yang berkumpul di satu tempat menyaksikan enam orang yang berusaha keras menyenangkan mereka. 





18 Juni 2015: Do You Even Believe Your Eyes?
Malam itu, gue bener-bener gak yakin dengan apa yang gue baca di layar hape gue, ya, bener gak salah baca, BON JOVI konser di Jakarta. Siapa yang menyangka. Di usia gue yang ke-duapuluhsatu tahun, akhirnya gue bisa menyaksikan idola yang saya idolakan dari kelas 2 SD. Satu hal lagi yang membuat saya senang adalah mereka akan manggung di Stadion Gelora Bung Karno. Dua keinginan saya terwujud dalam satu event.

29 Juni 2015: Tiket... Tiket...
Hari pertama penjualan tiket. Malam sebelumnya gue udah siapin semua yang gue perlukan. Paket internet, pulsa, serta akun-akun di beberapa partner ticketbox resmi. PEnjualan dibuka pukul 10.00 WIB. Dengan semangat 2015, gue buka laptop dari pukul 8, mantengin sejumlah website yg jual tiket tsb. Namun, hingga pukul 10 lewat berapa, belum ada satupun yang buka. Sabar, tetap refresh page.

Dan akhirnya terbukalah opsi pembelian tiket di website BonJoviJakarta.com

Tanpa ragu, langsung klik register. Apa yang terjadi..? SERVER PENUH..! Berkali-kali refresh gagal. Masuk laman register, klik register, gagal lagi. Terjadi hingga pukul 11.15 hingga akhirnya bisa mendapat akses masuk ke laman terkait. Dipilihlah posisi FAR, karena memang dari dulu sudah mengincar posisi ini seandainya mereka menggelar konser di sini. Skip... Skip... Skip... Tibalah saat pembayaran. Nomor rekening tujuan sudah gue terima. Namun, apes tetap mengikuti gue. Berkali-kali transfer gue GAGAL. 10x coba ke nomor tsb, GAGAL. Hati sakit, pengen nangis, karena limit  pe,bayaran tinggal 30 menit lagi.

Gak habis pikir, gue hubungin temen gue yg juga ikutan nonton konser, minta tolong pesankan buat gue. Dan gak pake lama dikirimlah nomor transfernya. Gue input lagi di ATM. Dan ternyata BISA.

SALAH SAYA APA..???

Kembalilah ke rumah dengan perasaan lega. Uang jatah ulang tahun sudah saya habiskan untuk beli tiket konser Bon Jovi, dan uang tabungan saya untuk acara Gathering BJFCI sudah saya alokasikan untuk transport PP Palembang-Jakarta.

30 Juni 2015 - 6 September 2015
Gak ada kegiatan khusus untuk rentang waktu ini selain ngurusin proposal skripsi yang gak ada abisnya yang akhirnya kelar juga. Namun belum saya masukkan ke administrasi.

7 September 2015: Day Minus Four
Seperti trip gue yg sudah-sudah, gue memang hobi bikin acara dadakan menjelang keberangkatan. Kali ini acara gue sama crew Lapo, begadang hingga subuh seperti biasa. Kemudian jalan-jalan pagi cari cewek sarapan. Dan kembali ke rumah masing-masing keesokan harinya.

8 September 2015: Day Minus Three
Pikiran udah jelas menerawang ke mana-mana. Over excited, malam itu, gue sampe lupa kalo belom melakukan packing. Padahal pagi besoknya langsung berangkat. Kira-kira jam 10 malem baru inget untuk packing. Dadakanlah gue packing.

9 SEPTEMBER 2015: Day Minus Two...
Off to Jakarta by bus. Gak bisa by plane karena memang ada asap di Palembang.

10 September 2015: Day Minus One
Jam 9 pagi tiba di Jakarta, disambut oleh kemacetan. Dijemput sama oom gue di Terminal Rawamangun, sarapan di PSPT, dan langsung ke Pancoran untuk istirahat. 

Malamnya, untuk pertama kalinya, setelah 6 tahun gue join BJFCI, GUE IKUTAN KOPDAR. Dijemput mas Iwan Rasta di Sevel SMESCO, langsung cusss ke Family Mart Bulungan. Di situ, gue ketemu banyak temen baru, mas Novan, mbak Oliv, Meigi, bro Ade Lantu, Varlye, mas Eddie, mas Faried, mas Ryo Sambora, dan member BJFCI yg saya lupa namanya, maaf.

Malam itu bener-bener beda. Pertama kali ketemu mereka tatap muka, tapi mereka gak ada canggungnya.

Kopdar berjalan lancar, Gue ditugasin buat bawa banner dan bendera BJFCI untuk ditaruh dibagian depan pembatas FAR.

Oh iya, makasih bro Ade buat nasi gorengnya. :D

Dan jelas, malamnya GAK BISA TIDUR... GAK BISA TIDUR...

11 September 2015: D-DAY..!!!
02.00 - mata sudah mulai berat, tapi tetap otak udah di GBK. mau gak mau harus tidur. Dan akhirnya gak tau jam berapa gue pun tertidur.

08.00 - Bangun, sarapan, cari perlengkapan buat ntar malem, sekalian siap2 konser.

13.00 - Berangkat dari rumah, dianter oom gue naek motor biar cepet. Turun di seberang Lotte di Senayan. nyebrang, jalan ke arah patung Arjuna (bener gak ini?). Di sini gue ketemu lagi sama beberapa temen, sebut aja Taufick, tante Tere, mbak Sheila (bukan on 7), kakak kelas gue pas SMP si Noveri sama pacarnya, dan rombongan yg kemaren kopdar. Gue sampe jal segitu sama sekali belum makan. Takut pingsan, gue beli aja hotdog satu sebelom masuk, tiga pulu rebu. Gede banget, gak muat mulut gue, tumben-tumbenan.

15.30 - Gate utama dibuka, pengunjung langsung membludak ke dalam. Di situ ternyata dihadang petugas lagi.

16.30 - Cek tiket. Barisan gue yg paling depan bermasalah tiketnya. Sial, makan waktu deh. Abis dari sini, ternyata masih harus antri lagi untuk masuk ke stadion. Di sini, gue ketemu sama mbak Wara, mbak Sartika, mbak Wiwit, mbak Citra, mbak Ita, mas Yohannes dan istrinya, dan lain-lain yg saya lupa namanya.

17.45 - MASUK STADION..!!! Dorong-dorongan. Gue kena himpit. Berhasil masuk, yg pertama gue cari adalah TOILET. Dari tadi minum terus. Selesai dari toilet, baru gabung ke area festival.

19,00 - Kepala rada berat gara-gara ngantuk plus lapar, kaki udah gak tau jadi apa ini. Eh ternyata ada Sam Tsui. Siapa ini orang kan, batin gue. Dan sampe akhir show mereka sekitar jam 8an kurang, gue masih gak ngerti mereka itu konsepnya apa, dan artis dari mana.

Gara-gara mereka, kepala gue tambah berat. Sehabis lagu Indonesia Raya oleh Judika, gue milih mundur. Ngeliat panitia bukain banyak box air mineral cup gratis, langsung aja gue ambil 4. Ambil tempat duduk, istirahat bentar.

20.35 - Lampu stadion mati. Hanya lampu panggung yg hidup. Terdengar riuh sorak sorai penonton, mata tertuju ke panggung... Mereka memasuki panggung

Tak tak duk duk tak... Dibuka dengan lagu That's What The Water Made Me, penonton heboh. Namun tidak lama. Gak banyak yang sing along. Gue..? Ya termasuk yg sing along donk.
That's what the water made me. That's who I am and what I'll be. That's what the water, that's what the water made me. There ain't no doubt about it, makes you or brings you to your knees. That's what the water... That's what the water made me

 Pertunjukan berlangsung (tidak begitu) meriah. Kenapa..? Karena hanya gegap gempita di lagu-lagu hits saja seperti You Give Love A Bad Name, Keep The Faith, Wanted Dead or Alive, Livin' On A Prayer, Someday I'll Be Saturday Night, dan It's My Life.

22.30 - Pertunjukan berakhir. Diakhiri dengan lagu Livin' On A Prayer, sampai saat itu, geu masih tidak percaya dengan apa yang gue liat dengan mata kepala gue sendiri, idola gue selama ini akhirnya ada di depan mata gue. Mau nangis rasanya, hanya saja suasana riuh membuat tertahan.

Selesai konser, gak langsung pulang. Gue foto-foto dulu sama member BJFCI yg lain. Di sini saya ketemu sama Soli (temen twitter-twitteran), dan om Ronal yg juga jadi temen ngobrol akrab di Facebook selama ini.

12 September 2015: Post Show
Sekitar jam 1 dini hari, gue tiba di rumah Pancoran. Masih terbawa suasana GBK yang rasanya begitu cepat selesai. Dan seperti biasa yang sudah-sudah, gue bikin update status di Facebook dan nge-tag semua teman lama di Fb yg gue temui di konser. Ya, ini memang sesuatu buat gue, karena akhirnya gue bisa ketemu mereka yg selama ini cuman bisa ngobrol dari layar hp. Pagi itu, gue tertidur dengan pulas.

13 September 2015: Back to Reality
Pagi itu, gue siap-siap. Packing semua barang, dan sebagainya. Jam 10 jalan dari rumah Pancoran ke halte bis di dekat MBAU. Pukul 13.30, pesawat take-off menuju Palembang. Meninggalkan banyak kenangan di GBK.

=================================================

Bisa melihat band yang saya idolakan selama ini manggung di depan mata saya jelas membuat takjub. Tapi yang bener-bener menyentuh hati itu ketika akhirnya gue ketemu kalian semua, temen-temen di Facebook, kalian yang akhirnya saya lihat mukanya secara langsung satu per satu, kalian yang tangannya saya jabat satu per satu, kalian yang.....ah sudahlah. Nanti mulai netes air mata ngetik ini.

Berat rasanya ninggalin Jakarta, karena memang begitu banyak kenangan malam itu. Kembali ke Palembang pun menjadi beban pikiran buat saya. Kenapa..? Karena nanti jelas gak akan bisa ikut kopdar lagi. Dan gue bakal kangenin kalian satu per satu. Kalian yg gue temuin, yg gue tatap, yang gue jabat, bakal gue inget. Dan sampe sekarang artikel ini dibuat, masih terekam jelas bagaimana rasanya kemarin. But life goes on. For those who dwell in the past, will never feel the beauty of tomorrow. So, see ya, guys. Dan gue mulai sekarang bakal nabung untuk 2 hal: 
  1. Kedantanga mereka lagi (amin)
  2. Gathering with big BJFCI family

=================================================

SPECIAL THANKS TO

BON JOVI yang sudah tampil malam itu. Bener, gue speechless ngeliat Jon, David, Tico, Hugh, Phil, dan Matt malam itu, Kalian bener-bener tampil maksimal berkucur keringat.


Big BJFCI Family: Mas Iwan yang sudah mau nebengin gue PP Pancoran-Blok M malem2, bro Ade Lantu atas nasi gorengnya, bro Eddie atas KTA-nya, Varlye, mas Novan yg dtg jauh-jauh dari Manado, Meigi, mas Faried, mbak Olive dan kakaknya adiknya (salam ya buat kakaknya adiknya, maaf kalo bilang itu suaminya mbak, maaf banget), mbak Wara yg udah mau direpotin malem-malem cuman buat urusan cd Burning Bridges, mas Yohannes dan mbak Rita, mas Ettus (meski kita gak ketemu), mbak Sartika, mbak Wiwit, mbak Citra, Soli yang akhirnya ketemu gue (gimana, Sol..? seneng gak..?), mbak Sheila, mbak Tere yg sampe malem banget gak tau kalo yg tadi siangnya itu gue (baru tau pas di tag), bro Ryo, bro Taufick yg jadi temen dari awal main gate sampe di dalem pas yg laen mencar gak tau ke mana meski ujung-ujungnya gue juga ikutan gak tau ke mana (thanks, bro). Valent Sambora, Rizky Yoga, Jon Ve, om Ronal temen ngobrol pas keluar GBK, dan kalian member BJFCI yang baca ini serta yang hadir di GBK. You guys Rock..!!!

"If a man can be judged by the friends he keep, I must be the luckiest guy in town" - JBJ





10 comments:

  1. Mantaap..pokoke BJ forever ya.hehe..anyway, mampir atuh ke blog ku, plus comment.hehe..sukses!

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Waaah ada saya disebut di sini... Hahaha no worries Ejak. Aseeek udh diklarifikasipun msh pikir dia kakakku, dia adekku...I looked younger then horeee ^^

    ReplyDelete
  4. Keren bro, mampir jg ya ke http://uniselff.blogspot.co.id/2015/11/bon-jovi-welcome-back-to-jakarta.html?m=1
    keep the faith ;)

    ReplyDelete

This House Is Not For Sale Review: II. Track by Track (Reg)

Jakarta, 18 Mei 2017 Jarak antara Part satu  dan Part dua lumayan jauh. Yaaaaa.... gimana lagi. Sibuk sih. Pergi pagi pulang malam te...