Wednesday, June 29, 2016

What Traveling Has Taught Me

Palembang, 29 Juni 2016

Setelah sekian lama, akhirnya muncul lagi artikel baru. Setelah lama berkutat dengan tugas akhir, akhirnya bisa blogging lagi.

Well, artikel kali ini, muncul dari pengalaman pribadi saya selama traveling. Mungkin baru seumur jagung ya, baru 5 kali jalan-jalan liburan keluar gak sama ortu. Tapi pengalamannya udah lumayan banyak sampe bisa dibikin artikel ini. Oke deh. Langsung aja ya.

Buat yang hobi traveling mungkin juga ngerasain hal-hal ini yang baru tmbul setelah liburan.


1. Packing Skills: +1 per trip
Sejak pertama kali jalan-jalan, ini yang bener-bener kerasa. Pertama kali liburan waktu itu (klik BDG 04 JNR) bawaan barang banyak banget. Berangkat udah bawa 1 tas traveling model jinjing, satu ransel, plus satu tas pinggang. Ditambah lagi pas pulangnya, oleh-oleh ini itu. Kebayang ribetnya? Nah, liburan terakhir ke Pahawang, cuman perlu satu tas model dry bag tube doank, plus satu tas pinggang. Penguasaan skill origami baju pun meningkat. Dari yang dulu muat 5 lembar baju, bisa jadi 10 lembar baju di tas yg sama. Beneran deh.

2. Time Management

Buat yang jalan-jalan, baik solo atau rame-rame, timing adalah segalanya. Terlebih buat para backpackers yang suka mengandalkan transportasi umum ketika bepergian. Telat sedikit, bisa batal rencana keseluruhan.

3. Financial Management


Skill dalam mengatur keuangan juga meningkat. Dari mulai menabung untuk jalan-jalan, uang konsumsi, uang hiburan nanti, serta uang-uang lainnya. Kalo gue kemaren pertama liburan itu cuman bawa 2 juta tupiah dalam bentuk cash karena ane belom punya tabungan kala itu, dan merasa belom penting punya tabungan. Waktu itu, pas hari terakhir siangnya, gue sakit banget liat dompet ane. Tinggal plus minus 50rb buat survive sampe besok sore. Temen-temen pada nambah beli oleh-oleh, gue cuman beli minum sama camilan buat nahan laper. Besoknya gue tahan cuman beli roti 2 potong sama air mineral satu botol buat sarapan. Untung di perjalanan pulang gue tidur sepanjangan jalan. Jadi laper gak kerasa. Nah, liburan terakhir, untuk urusan kantong, sudah lumayan bisa mengendalikan. Budget untuk liburan pun bisa mulai dikurangi sesuai kebutuhan. Lebih bisa memilih prioritas mana yang penting dibeli mana yang enggak. Lapar mata bisa diobati.

4. Self Confidence


Dengan traveling, mau gak mau kalian bakal berhadapan dengan orang-orang asing. Buat yang punya krisis kepercayaan diri, bisa coba jalan-jalan sekali dua kali sendirian. Asik deh. Gue waktu itu dapet temen ngobrol asik banget di kereta. Dapet temen ngobrol juga di homestay waktu di Sebesi. Dalam kehidupan sehari-hari juga kalian bakal ngerasa beda pas pulang. Merasa ada yg bisa dibanggain dari diri kalian. Dan itu menambah self confidence kalian.

5. Bravery


Sedikit berkaitan dengan point sebelumnya. Keberanian ini beda-beda tipis sama kepercayaan diri. Cuman kalo berani ini lebih menjurus ke tindakan atas keputusan. Dari traveling? Kalian lebih berani menjelajahi daerah-daerah baru. Kayak gue dulu, takut banget naek kapal yg kayak kapal nelayan gitu. Tapi udh gak takut lagi gara-gara kemaren 2x naek kapal yg begitu.

6. Selfless, Humble, etc


Ini udah kayak jadi pelajaran wajib buat para pehobi jalan-jalan, yakni bersikap rendah diri, sederhana, dsb. Selain agar terhindar dari tindak kriminal, juga daerah kita jadi gak dicap jelek. Hormati kearifan lokal di tempat kita berada.

7. Adaptation Skill +1

Beda tempat menuntut kita untuk beradaptasi. Baik dengan orang-orangnya, susasananya, dsb. Sering-sering jalan-jalan kita perlu sering-sering beradaptasi dengan daerah yg kita kunjungi. Jika kita ke daerah Jawa misalnya, kita perlu beradaptasi dengan tata krama setempat. Dan sebagainya.

Yah. Kira-kira, itulah yg gue dapetin selama jalan-jalan ini. Lima tempat berbeda yg sudah gue kunjungi, inilah hasilnya. So, jangan ragu deh traveling. Happy traveling, guys.

1 comment:

This House Is Not For Sale Review: II. Track by Track (Reg)

Jakarta, 18 Mei 2017 Jarak antara Part satu  dan Part dua lumayan jauh. Yaaaaa.... gimana lagi. Sibuk sih. Pergi pagi pulang malam te...