Thursday, April 19, 2012

Sekilas tentang A Dramatic Turn Of Events


A Dramatic Turn Of Events
A Dramatic Turn Of Events merupakan salah satu album Dream Theater yang paling kontroversial. Mengapa? Hal ini dikarenakan hengkangnya sang drummer legendaris, Mike Portnoy, dari Dream Theater yang tentu menimbulkan pertanyaan dari berbagai kalangan. Bagaimana bisa ia keluar, siapa yang menggantikannya, dsb.

Left to right: Mike Mangini, John Myung, James LaBrie, Jordan Rudess, John Petrucci

Pengganti Mike Portnoy adalah Mike Mangini. Pria kelahiran Newton, Massachussetts, tanggal 18 April 1963 inilah yang lolos audisi drummer Dream Theater, mengalahkan 6 peserta lainnya. Sekadar tambahan, peserta audisi tersebut adalah drummer-drummer kelas dunia, seperti drummer G3, Extreme, dll. Peserta-peserta tersebut adalah Mike Mangini, Derek Roddy, Thomas Lang, Virgil Donati, Marco Minnemann, Aquiles Priester, dan Peter Wildoer. Dalam audisi tersebut, tiap peserta diminta memainkan drum pada lagu-lagu Dream Theater, yakni A Nightmare To Remember (alb: Black Cluds & Silver Linings), The Sipirt Carries On (alb: Metropolis Pt.2), dan The Dance Of Eternity (alb: Metropolis Pt.2) . Peserta juga diminta untuk melakukan jam session bersama angggota Dream Theater lainnya dan serangkaian test riff di mana mereka hanya diberikan ketukan berupa notasi angka.

Bersama Mangini, Dream Theater telah merilis satu album berjudul A Dramatic Turn Of Events pada 13 September 2011 kenarin. Di tengah spekulasi bahwa judul album adalah referensi samar untuk keberangkatan dari Mike Portnoy, Jordan Rudess menekankan bahwa itu sama sekali bukan referensi untuk siapapun, melainkan judul referensi tema berulang album perubahan dramatis seperti mental, fisik dan agama / rohani. Rudess juga telah mengatakan bahwa untuk album ini, Dream Theater telah mengalami perubahan musik, kembali mengevaluasi dan restrukturisasi "siapa kita dan apa yang kita lakukan". Rudess juga menggambarkan musik album sebagai "berat, latin, dan menghancurkan" dengan berbagai macam suara. Dia juga telah menyebutkan sering menggunakan album dari piano. John Petrucci menyebutkan bahwa album "menceritakan sebuah cerita ... tidak secara harfiah tetapi secara emosional" dan menyamai pengalaman ini dengan sebuah "roller coaster".

Dalam ulasan A Dramatic Turn Of Events, Rich Wilson menjelaskan materi album mengarah ke progressive rock dan menjadi "pengingat spiritual" dari album-album Dream Theater seperti Images And Words dan Metropolis Pt.2: Scenes From A Memory.

Berikut tracklisting dari album A Dramatic Turn Of Events:
  1. On The Backs Of Angels 
  2. Build Me Up, Break Me Down
  3. Lost Not Forgotten
  4. This Is The Life
  5. Bridges In The Sky
  6. Outcry
  7. Far From Heaven
  8. Breaking All Illusions
  9. Beneath The Surface
Tambahan:
  • A Dramatic Turn Of Events Limited Deluxe Collector's Edition berisi 2 disc dimana disc kedua berisi rekaman instrumental untuk tiap lagu.
  • "Bridges In The Sky" awalnya diberi judul "The Shaman's Trance".
  • A Dramatic Turn Of Events adalah album pertama Dream Theater dimana John Myung membantu dalam proses penulisan lirik sejak lagu Fatal Tragedy dari album Metropolis Pt.2: Scenes From A Memory.
  • Paul Northfield mengisi suara di lagu "Brakng All Illusions".

No comments:

Post a Comment

This House Is Not For Sale Review: II. Track by Track (Reg)

Jakarta, 18 Mei 2017 Jarak antara Part satu  dan Part dua lumayan jauh. Yaaaaa.... gimana lagi. Sibuk sih. Pergi pagi pulang malam te...